Wednesday, February 20, 2013

Seputar Menstruasi

Menstruasi merupakan pelepasan darah dan cairan encer yang berasal dari uterus melalui lubang vagina yang terjadi pada masa puber. Dan pada umur 50 atau memasuki masa menopause menstruasi ini akan berhenti.
Menstruasi berlangsung antara 4 sampai 5 hari, namun ada juga yang cuma 3 hari atau bahkan seminggu. Haid atau menstruasi ini berlangsung berulang ulang yang merupakan suatu siklus secara teratur pada alat reproduksi wanita. 

Pertanyaan Seputar Menstruasi
berikut adalah beberapa jawaban dari pertanyaan mengenai menstruasi yang sering menggelayut di pikiran perempuan:                                                       
  1. Beberapa perempuan hanya butuh 3-5 hari hingga benar-benar bersih, tetapi sebagian lagi butuh sekitar 7 hari. Apa yang perlu diperhatikan adalah jumlah cairan yang keluar saat menstruasi. Umumnya, mereka yang waktu menstruasinya berkisar antara 3-7 hari mengeluarkan darah sekitar 4-12 sendok makan per hari. Tentunya, kita tak mungkin mengukur jumlah darah yang dikeluarkan setiap kita haid. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika pembalut Anda basah kuyup setiap kali Anda mengganti yang baru dalam hitungan jam pun tetap basah kuyup, sebaiknya Anda berkonsultasi, begitu pula jika haid Anda berlangsung lebih dari 7 hari. Menstruasi yang berat dan lama biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon, tetapi bisa juga berarti hal lain, seperti fibroid, endometrial, dan kehamilan
  2. Mengapa_darahnya_menggumpal?                                                                                              Darah yang menggumpal adalah hal yang normal dalam masa haid, dan sering kali keluar di masa deras. Alaminya, tubuh kita akan menciptakan antigumpalan untuk mencegah darah menstruasi dari menggumpal, khusus di hari-hari paling deras. Cairan menstrual dikeluarkan dengan cepat untuk mencegah antigumpalan berefek. Darah yang menggumpal jarang harus diperhatikan dan dipikirkan. Namun, jika Anda melihat adanya gumpalan darah yang sangat besar, sebaiknya Anda menemui dokter untuk melihat apa ada kemungkinan lain, seperti keguguran atau fibroid.
  3. Ketidaknyamanan seperti apa yang normal?
    Sebagian perempuan cukup beruntung tidak pernah mengalami rasa sakit menstruasi sama sekali. Sebagian lagi merasa sakit di hari pertama saja. Kabar baiknya, kebanyakan wanita menemukan bahwa gejala-gejala sakit saat menstruasi akan berkurang di pertengahan usia 20-an atau setelah melahirkan anak pertama. Namun, jika ketidaknyamanan akan rasa sakit dari menstruasi itu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, mungkin Anda mengalami kondisi dismenorea. Cek ke dokter Anda, dan minta pula untuk diperiksa bagian endometriosis, penyakit pelvis meradang, dan kista ovarium atau fibroid air mani.
  4. Darahnya mengapa tidak selalu merah?
    Darah menstruasi akan berubah kecokelatan menjelang hari-hari terakhir. Ini terjadi akibat darah yang teroksidasi, dan ini bukan sesuatu yang harus dipusingkan.
  5. Jika ada siklus yang terlewat?
    Jika Anda aktif secara seksual, siklus bulanan yang terlewat bisa jadi akibat kehamilan. Namun, jika Anda tidak melakukan hubungan seksual, bisa jadi menstruasi yang terlewat adalah karena ketidakseimbangan hormonal, stres, dan diet yang berlebihan. Mintalah pendapat dokter jika jadwal menstruasi Anda amat tidak bisa diprediksi.
  6. Mengapa siklusnya tidak teratur?
    Siklus menstruasi yang tidak teratur biasa terjadi di 5 tahun pertama Anda mendapatkan menstruasi dan pada wanita yang perimenopausal, dan umumnya penyebab terutama adalah ketidakseimbangan hormon. Untuk remaja, siklus menstruasi lama-kelamaan akan stabil dengan sendirinya. Kadang, ketidakteraturan periode menstruasi bisa pula terjadi pada wanita di segala usia. Penyebab lainnya adalah stres, penyakit kronis, kecemasan, nutrisi kurang, atau berlebihan olahraga.
  7. Jika ada flek di antara siklus menstruasi, harus cemaskah?
    Bagi beberapa orang, flek di antara siklus menstruasi merupakan hal yang normal. Namun, jika Anda menggunakan alat kontrasepsi, bisa jadi flek itu adalah pertanda luka. Jika Anda masih melihat adanya flek di antara siklus menstruasi selama 3 bulan berturut-turut di saat bersamaan dengan Anda makan obat kontrasepsi, konsultasikanlah dengan dokter Anda
  8. Mengapa ada perasaan ingin buang air besar saat menstruasi?
    Menstruasi memengaruhi pergerakan isi perut Anda. Para periset menemukan bahwa sepertiga wanita merasakan pergerakan tidak normal selama masa menstruasi, dan banyak yang merasa tidak bisa menahan keinginan buang air besar di awal-awal siklus menstruasi. Penyebab utamanya belum diketahui, tapi diperkirakan karena fluktuasi progesteron.
  9. Mengapa wanita bisa mengalami premenstrual syndrome (PMS)?
    PMS atau sindrom pramenstruasi, terjadi karena tubuh wanita sensitif terhadap perubahan hormon. Richard P. Frieder, MD, seorang ginekolog Rumah Sakit di Santa Monica, California mengatakan sepekan hingga 10 hari sebelum menstruasi, kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita berubah dengan cepat. “PMS menyebabkan kembung, perubahan suasana hati, sakit kepala, nyeri payudara, dan kelelahan pada sebagian wanita,” katanya. Sebuah studi mengungkap 90 persen wanita mengalami PMS sebelum haid. Dan, 20 persen di antaranya mengalami gejala PMS berat hingga mengganggu aktivitas.
    Untuk meminimalkan PMS, disarankan minum air putih, dan menghindari karbohidrat tunggal, soda serta kafein. Asupan tinggi kalsium dan vitamin D mengurangi gejala PMS.
  10. Mengapa siklus haid bisa tidak teratur?
    Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Penyebabnya, menurut Frieder akibat stres dan penyakit. Alasan lain menstruasi tidak teratur akibat berat badan, gangguan makan serta olahraga berat seperti pada atlet angkat berat dan masalah hormon,Siklus normal menstruasi biasnya terjadi antara 25 sampai 35 hari, dihitung dari hari pertama pendarahan ke awal periode berikutnya. Profesor kebidanan dan ginekologi, Mary S. Dolan, MD, MPH,  di Emory University School of Medicine, Atlanta mengatakan, siklus mentsruasi tak harus sama  persis setiap bulan. Agar kalender menstruasi akurat sebaiknya catat awal dan akhir periode menstruasi.
  11. Mungkinkah hamil selama menstruasi?
    Kuncinya adalah menentukan apakah pendarahan terjadi saat hamil atau ovulasi. Beberapa wanita mengalami bercak pendarahan saat berovulasi. Menurut Dolan, bisa saja di akhir masa ovulasi seorang wanita melakukan hubungan intim dan sperma masih tertinggal. “Kemungkinan hamil bisa terjadi,” ujarnya. Kehamilan tidak dapat dipastikan dengan keluarnya darah. “Bisa jadi, itu adalah pendarahan di awal kehamilan,” kata Dolan. Sebagian wanita agak sulit membedakannya. Agar yakin, perhatikan apakah periode menstruasi maju dari periode reguler. Dolan menyarankan apabila memiliki gejala lain seperti mual atau berbeda dari PMS,  segera periksakan ke dokter.
  12. Apa efeknya jika menggunakan pembalut terlalu lama? Toxic shock syndrome (TSS) adalah penyakit akibat infeksi bakteri. Gejala TSS ditandai dengan demam, menggigil, diare, muntah, nyeri otot, dan ruam pada kulit. Para ahli mengatakan, tampon atau pembalut yang dibiarkan terlalu lama berpotensi menjadi tempat kembang biak bakteri penyebab sindroma. Idealnya, ganti tampon atau pembalut empat hingga delapan kali sehari agar bebas organ bebas dari lembab penyebab berkembang biaknya bakteri.
 Mitos seputar haid
  1. Selama haid tidak boleh berolahraga
    Salah. Olah raga dapat tetap dilakukan selama haid, walaupun memang terjadi penurunan kemampuan tubuh beraktivitas. Tapi khususnya berenang sedapat mungkin dihindari karena dapat memudahkan terjadinya infeksi. Para atlet renang menjelang pertandingan besar kadangkala menggunakan tablet hormonal untuk memajukan atau memundurkan waktu haid. Namun mungkin saja hormon-hormon tersebut dapat dikategorikan sebagai doping.
  2. Selama haid tidak boleh keramas Salah. Keramas waktu haid tidak akan menyebabkan terhentinya darah yang keluar. Pada periode ini kesehatan dan kebersihan diri harus tetap diperhatikan
  3. Minum es memperbanyak darah?
    Salah. Minum air es pada waktu haid tidak akan mempengaruhi jumlah darah yang keluar. Jumlah darah ini bervariasi pada setiap siklus dan antara tiap wanita. Namun rata-rata kehilangan darah terjadi sebesar 60 ml. Kadang-kadang darah ini tampak banyak. Kesan banyak sedikit ini umumnya hanya tafsiran masing-masing orang.
  4. Wanita lebih emosional menjelang haid Benar. Menjelang haid, wanita kerap mengalami keluhan seperti mudah marah, perasaan tertekan, emosi kurang stabil, sakit kepala, nyeri payudara dan rasa tidak enak pada perut.
  5. Hindari senggama saat haid
    Benar. Bersenggama saat haid menyebabkan infeksi rahim lebih mudah terjadi. Dapat pula terjadi regurgivitasi yaitu darah haid akan masuk ke saluran telur dan mengenai permukaan alat-alt genitalia interna lainnya sepertiindung telur, bagian-bagian uterus (rahim), kandung kemih atau permukaan usus. Bercak-bercak ini disebut endometriosis yaitu endometrium (sel-sel selaput lendir rahim ) yang tumbuh membentuk kista dalam otot rahim, indung telur atau bagian lain dalam panggul.
  6. Mempengaruhi bau darah ?
    Salah. Bau darah haid manusia tidak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Darah haid berbau amis, kecuali bila ada infeksi pada leher rahim atau selaput lendir rahim, maka darah yang keluar akan berbau busuk.
  7. Nanas menimbulkan sakit perut
    Salah. Tidak ada larangan khusus untuk tidak mengkonsumsi nanas selama haid. Justru buah-buahan mengandung vitamin-vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi penderita gastritis ( penyakit lambung atau maag ) sebaiknya memang tidak mengkonsumsi buah yang merangsang sakit maag.
  8. Wanita lebih emosional menjelang haid
    Benar. Menjelang haid, wanita kerap mengalami keluhan seperti mudah marah, perasaan tertekan, emosi kurang stabil, sakit kepala, nyeri payudara dan rasa tidak enak pada perut. Gejala ini dikenal sebagai gejala sindroma pra haid. Akibatnya wanita kerap merasa malas beraktivitas. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena pengobatannya sangat mudah, yaitu dengan terapi hormonal.
  9. Selama haid tidak boleh keramas
    Salah. Keramas waktu haid tidak akan menyebabkan terhentinya darah yang keluar. Pada periode ini kesehatan dan kebersihan diri harus tetap diperhatikan
  10. Semasa haid tidak boleh potong rambut
    Salah. Tidak ada hubungannya antara potong rambut dengan darah yang keluar saat haid. Anda bisa leluasa memotong rambut,jika diinginkan.
  11. Tidur siang, darah naik ke kepala ?
    Salah. Tidak benar bahwa tidur siang pada saat haid menyebabkan darah naik ke kepala. Justru pada saat dan menjelang haid dibutuhkan istirahat yang cukup sehubungan dengan keluhan-keluhan yang dirasakan.
  12. Haid menyebabkan timbulnya jerawat
    Benar. Perubahan hormonal selama siklus haid dapat memnyebabkan munculnya jerawat, terutama pada kulit sensitif. Oleh karena itu sebelum tidur wajah harus dibersihkan dari riasan. Biasanya jerawat itu akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
  13. Nyeri haid dan fertilitas
    Salah. Dikatakan nyeri haid (dismenorea) bila mengakibatkan penderitanya tidak dapat bekerja, harus tidur, mual, sakit kepala, perasaan ingin pingsan serta lekas marah. Nyeri tersebut dirasakan sangat sakit pada perut (kolik), terutama pada hari pertama haid dan kedua. Sesudah itu akan hilang dengan sendirinya. Kemungkinan besar nyeri haid disebabkan
    oleh endometriosis, yang merupakan salah satu sebab slulit punya anak. Tapi ini tidak berarti wanita yang mengalami nyeri saat haid akan selalu sulit mempunyai anak.
  14. Nyeri haid penyakit tururnan
    Salah. Myeri haid bukan penyakit turunan. Seorang Ibu yang mengalami nyeri haid, tidak berarti anak perempuannya pasti mengalami hal yang sama
  15. Minum Soda dapat Percepat Haid
    Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Sakit atau lancar tidaknya proses ini dipengaruhi oleh hormon dan jufa faktor psikis. Karena itu tidak ada hubungan antara minuman bersoda dengan menstruasi yang lebih cepat.Keluhan nyeri haid juga disebabkan oleh faktor posisi rahim. Bila posisi rahim menyebabkan leher rahim (saluran keluarnya darah haid) terjepit, maka akan menimbulkan keluhan nyeri. Obat-obatan tertentu bisa memperpanjang atau memperpendek lamanya hari menstruasi. 
  16. Jangan Minum Air Es Saat Menstruasi , Air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Selama tidak merasakan sakit atau perut kembung, maka minum air es sah-sah saja
  17. Dilarang Berenang Saat Menstruasi
    Selama Anda memakai pembalut dan tidak merasa risih, maka berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan. Tapi jika perut terasa kram, sebaiknya segera hentikan aktivitas berenang. 
  18. Pakai Pembalut Bisa Sebabkan Kemandulan
    Secara medis pembalut merupakan benda yang membantu seseorang agar tetap bersih dan tidak lembab selama menstruasi. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat. Namun ada sebagian wanita yang alergi atau iritasi.Hal tersebut dikarenakan sensitivitas dari organ kelamin setiap orang berbeda-beda. Karena itu disarankan agar setiap menstruasi mengganti pembalut sesering mungkin (idealnya setiap 4 jam).
  19. Remaja Wanita yang Belum Haid Tak Bisa Hamil
    Mitos ini sangat kuat melekat di masyarakat, padahal pernyataan ini tidaklah benar. Kehamilan itu berkaitan dengan ovulasi (matangnya sel telur). Beberapa remaja bisa saja mendapatkan menstruasi sebelum masa ovulasi, bersamaan saat tubuh beradaptasi dengan tingkatan hormon.Tapi beberapa remaja lainnya ada yang mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi. Jadi bisa saja terjadi kehamilan sebelum mendapat menstruasi pertama.
    Bila siklus haid sudah berlangsung, yaitu saat memasuki usia dewasa maka sel telur sudah dipersiapkan setiap siklusnya. Tapi karena masih dalam proses awal, seringkali pematangan sel telur belum terjadi secara sempurna sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Terjadinya haid bisa berarti
    sudah dihasilkannya sel telur (ovulatoar) atau bisa juga tanpa sel telur.

No comments:

Post a Comment